free geoip MIN 3 Pandeglang Peringati Hari Santri Sambil Shalat Istisqo | Website Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang
Selasa, 13 April 2021

MIN 3 Pandeglang Peringati Hari Santri Sambil Shalat Istisqo

Pandeglang (Inmas) – MIN 3 Pandeglang tak mau ketinggalan memperingati Hari Santri Nasional (HSN). Dewan guru, pegawai tata usaha dan seluruh siswa MIN 3 Pandeglang melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HSN di halaman MIN 3 Pandeglang, Selasa (22/10/2019).

Dalam upacara ini, seluruh petugasnya adalah guru MIN 3 Pandeglang. Para petugas dan peserta, termasuk para siswa, seluruhnya mengenakan pakaian koko dan sarung bagi laki-laki dan pakaian gamis untuk guru perempuan.

Kepala MIN 3 Pandeglang Syahid yang bertindak selaku inspektur upacara menyampaikan amanat untuk berperilaku islami sebagaimana ditunjukkan oleh santri. “Santri itu selalu menghindari maksiat dan senantiasa menutup aurat. Ciri khas santri adalah senantiasa dekat dengan Al-qur’an dan kiyai. Inilah sebagian sikap santri yang harus kita tiru,” pesan Syahid.

Syahid juga mengungkapkan, diadakannya upacara peringatan HSN ini diharapkan tidak hanya sebagai seremonial tahunan saja tetapi dapat memberikan efek positif bagi para siswa MIN 3 Pandeglang untuk senantiasa menteladani akhlak para santri.

Diakhir amanat Syahid mengharapkan agar para siswa MIN 3 Pandeglang dapat melanjutkan sekolah sembari mesantren, karena menurut penuturannya yang juga pernah merasakan pondok pesantren, sekolah sambil mondok itu rasanya menyenangkan.

Setelah upacara selesai, para guru memanfaatkan moment tersebut untuk bersama-sama melaksanakan shalat istisqo secara berjamaah di halaman MIN 3 Pandeglang. Pelaksanaan shalat meminta hujan yang diimami oleh Sanap selaku guru akidah akhlak. Kegiatan ini selain bertujuan untuk meminta rezeki berupa hujan yang berkah, juga sebagai sarana edukasi bagi para siswa MIN 3 Pandeglang.  Shalat istisqo berjalan dengan khusyu’ dan ditutup dengan bersalaman.

Berita Lainnya

Ikhtiar Membentuk Pribadi Guru Inspiratif, MTsN 3 Pandeglang Gelar Workshop

Pandeglang (Humas) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pandeglang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Tahun …