Kamis, 24 September 2020

Inspektur Wilayah 2 Itjen Kemenag RI Berikan Pembinaan di MAN 1 Pandeglang

Pandeglang (Humas) – Bersamaan dengan audit kinerja yang sedang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI di MAN 1 Pandeglang, Inspektur Wilayah 2 Itjen Kementerian Agama Nur Aripin mengunjungi sekaligus memberikan pembinaan, Kamis (3/9/2020) di Aula MAN 1 Pandeglang.

Dalam pembinaan Nur Aripin antara lain mengatakan bahwa sunnah yang diartikan perbuatan/kebiasaan terbagi menjadi 2 bagian. Yaitu sunnah sayyi’ah yaitu pekerjaan/ kebiasaan yang jelek yang biasa dilakukan dan dicontohkan oleh syetan dan sunnah hasanah yaitu pekerjaan/kebiasaan yang baik yang dilakukan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

“Pertanyaannya adalah kita sebagai pegawai, ASN, tenaga pendidik atau tenaga kependidikan apakah kita termasuk orang yang biasa melakukan sunnah yang dicontohkan syetan atau melakukan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW?” tanya Nur Aripin kepada peserta pembinaan.

Menurut Nur Aripin, manusia itu tidak cukup pintar saja tapi juga harus cerdas dalam bekerja. “Jadi pegawai itu tidak cukup rajin saja tapi juga harus ada bukti yang konkret yang dibuktikan dengan dokumen-dokumen fisik yang bisa dilihat,” ujarnya.

Kedatangan Itjen ke madrasah ini, jelas Nur Aripin, dalam rangka pendampingan dan pembinaan agar madrasah semakin hebat dan bermartabat, bukan untuk mencari kesalahan. Karena manusia pada dasarnya lebih cenderung senang pada penyimpangan atau bahasa al-Qur’annya fujuur sebagaimana firman Allah dalam surat Asy-Syams ayat 8: faalhamaha fujuraha wa taqwaha (maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketaqwaannya).

“Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan sebagai upaya untuk meminimalisir penyimpangan tersebut,” tambah Nur Aripin dalam pembinaan yang diikuti Kepala MAN 1 Pandeglang Hj. Jahriah, para guru dan tenaga kependidikan di MAN 1 Pandeglang.

Berita Lainnya

90 Persen Siswa Kelas IX MTsN 2 Pandeglang Ikuti UMBN Secara Online

Pandeglang (Humas Pandeglang) – Menyusul kebijakan pemerintah mengalihkan pembelajaran dari kelas ke rumah untuk memutus …