free geoip LPTQ Kabupaten Pandeglang Harapkan Program 1 Desa 1 Hafidz Dongkrak Prestasi MTQ | Website Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang
Senin, 30 November 2020

LPTQ Kabupaten Pandeglang Harapkan Program 1 Desa 1 Hafidz Dongkrak Prestasi MTQ

Pandeglang (Humas) – Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Pandeglang H. Abdul Hadis Muntaha mengharapkan program 1 desa 1 hafidz Al-Qur’an yang sedang dilaksanakan dapat menaikkan prestasi Kabupaten Pandeglang dalam kancah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi dan nasional.

Harapan tersebut dikemukakan H. Abdul Hadis saat membuka kegiatan penyerahan insentif bagi hafidz Al-Qur’an dari 7 kecamatan yang dilaksanakan di Gedung PGRI Kecamatan Sukaresmi, Ahad (06/09/2020). Adapun penerima insentif sebanyak 65 orang dari Kecamatan Sukaresmi, Patia, Pagelaran, Panimbang, Sobang, Angsana dan Labuan.

Tahun ini, jelas H. Abdul Hadis, Kabupaten Pandeglang menduduki peringkat 3 MTQ Provinsi Banten dan diharapkan prestasi ini ditargetkan terus meningkat pada tahun berikutnya. “Target kita ke depan prestasi ini terus meningkat. Untuk itu, kita harus mencari dan menyiapkan kader-kader yang dapat mendukung target tersebut. Salah satunya melalui program 1 desa 1 hafidz Al-Qur’an,” urainya.

Selain itu, H. Abdul Hadis mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pandeglang memberikan dukungan sepenuhnya untuk melanjutkan program 1 desa 1 hafidz Al-Qur’an ini di masa mendatang. Dukungan yang diharapkan antara lain dalam bentuk kebijakan dan penyediaan anggaran yang memadai.

Menurut H. Abdul Hadits, selain paralel dengan peningkatan prestasi MTQ, program ini juga sangat selaras dengan karakter masyarakat Pandeglang yang religius. “Pandeglang sudah sejak lama dikenal sebagai kota santri yang memiliki banyak pesantren. Kalau program 1 desa 1 hafidz Al-Qur’an disinergikan dengan pesantren-pesantren, saya yakin dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sebelum menerima insentif, para hafidz terlebih dahulu diuji hafalannya oleh para penguji yang ditunjuk oleh LPTQ Kabupaten Pandeglang. Setelah itu, para hafidz menerima insentif tahap 1 untuk 6 bulan sebesar Rp. 600.000,- Rupiah dan mereka akan kembali menerima insentif dengan jumlah yang sama pada akhir tahun 2020 nanti.

Kegiatan penyerahan insentif ini ditutup oleh Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Ramadani. Dalam sambutannya, H. Ramadani berharap para orang tua hafidz ikut mendukung penuh program ini dengan memberikan motivasi sekaligus memantau hafalan anak-anaknya. “Ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang walaupun tidak besar tapi diharapkan dapat meningkatkan motivasi pada hafidz untuk terus menghafal Al-Qur’an,” harapnya.

Berita Lainnya

Bakor Pakem Kabupaten Pandeglang Gelar Rakor Bahas Aliran Hakdat

Pandeglang (Humas) – Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan (Bakor Pakem) Kabupaten Pandeglang menggelar …