free geoip Bupati Pandeglang Pimpin Upacara Peringatan HAB Kemenag ke-75 | Website Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang
Jumat, 29 Oktober 2021
INFO TERKINI

Bupati Pandeglang Pimpin Upacara Peringatan HAB Kemenag ke-75

Pandeglang (Humas Pandeglang) – Bupati Pandeglang Irna Narulita menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama yang dilaksanakan Selasa (05/01) di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang.

Saat menyampaikan amanat, Irna membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Peringatan HAB tahun ini, ungkap Yaqut dalam sambutannya, mengusung Indonesia Rukun sebagai tema. Tema ini, jelas Yaqut, sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. “Tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” jelasnya.

Selain itu, Yaqut mengingatkan semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat baru itu diterjemahkan dengan 3 kata kunci. Yaitu manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama dan persaudaraan.

Upacara diikuti 200 pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, pengawas, penyuluh, penghulu, dan guru. Hadir pula Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, kasubbag TU, kepala seksi dan penyelenggara, kepala KUA Kecamatan, pengurus Dharma Wanita dan para pensiunan.

Kepala Kemenag Kabupaten Pandeglang H. Endang menjelaskan, sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 69 Tahun 2020, peringatan HAB tahun ini dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk menghindari kerumunan massa, upacara juga dilaksanakan di 14 madrasah negeri se-Kabupaten Pandeglang. Pegawai juga dapat mengikuti upacara secara virtual,” jelasnya.

Usai memimpin upacara, Bupati Pandeglang menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia bagi 15 pegawai Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang. Rinciannya 1 orang menerima Satya Lencana untuk pengabdian 30 tahun, 9 orang 20 tahun dan 5 orang 10 tahun.

Peringatan HAB tahun ini diisi pula dengan penyampaian taushiyah oleh Ketua MUI Kabupaten Pandeglang KH. Tb. Hamdi Maani yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas. Dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipandu KH. Abdul Aziz Dimyathi dari Cidahu, Pandeglang dan pemberian santunan bagi 100 orang anak yatim dan dhuafa di sekitar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang.

Sebelumnya pada 21-22 Desember 2020 lalu digelar bakti sosial bagi korban bencana banjir di Kecamatan Angsana, Munjul, Cikeusik, Sukaresmi dan Panimbang, serta bagi warga Kampung Cimenteng Desa Tamanjaya Kecamatan Sumur yang terpapar aliran Hakdat.

Berita Lainnya

Irwil II Berikan Pembinaan Kepegawaian di Kemenag Pandeglang

Pandeglang (Humas Pandeglang) – Inspektur Wilayah (Irwil) II Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI H. Nur …