free geoip Gandeng DMI, Pemkab Pandeglang Adakan Pembinaan DKM | Website Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang
Selasa, 13 April 2021

Gandeng DMI, Pemkab Pandeglang Adakan Pembinaan DKM

Pandeglang (Humas) – Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengadakan pembinaan terhadap pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) perwakilan dari 35 kecamatan se-Kabupaten Pandeglang, Selasa (23/2/2021) di Aula Hotel S Rizki, Pandeglang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pandeglang.

Saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, DMI memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan umat Islam. Untuk itu, Irna berharap, Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pandeglang dapat bersinergi dengan Pemkab Pandeglang.

Irna juga berharap, Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Pandeglang dapat memberikan pembinaan terhadap para pengurus DKM dan memiliki gagasan-gagasan yang produktif untuk meningkatkan kesejahteraan umat. Dengan begitu, lanjut Irna, masjid di Kabupaten Pandeglang bukan hanya dijadikan tempat ibadah ritual keagamaan tetapi juga dapat dijadikan berbagai kegiatan positif, seperti pendidikan, ekonomi hingga pembinaan para korban narkoba.

“Saya berharap, ke depan di Pandeglang ada 10 masjid cantik yang dapat dijadikan objek wisata religi,” harapnya.

Harapan Bupati Pandeglang disambut baik Ketua PD DMI Kabupaten Pandeglang Abdul Ghaffar Alhatiri. Menurutnya  apa yang disampaikan Bupati Pandeglang sudah masuk dalam program kerja PD DMI Kabupaten Pandeglang periode 2020-2025. Untuk itu, DMI Kabupaten Pandeglang akan lebih meningkatkan komunikasi dengan Pemkab Pandeglang agar program yang dicanangkan DMI dapat diselaraskan dengan program pemerintah daerah.

“Salah satu program yang mendesak untuk dilaksanakan juga adalah inventarisasi masjid dan mushola, sehingga diketahui kondisi fisiknya. Dengan data ini pemerintah daerah tidak akan kesulitan dalam menentukan skala prioritas dalam pemberian bantuan,” paparnya.

Sekretaris Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Banten Deni Rusli mengapresiasi pembinaan pengurus DKM yang selenggarakan oleh Pemkab Pandeglang. Menurut Deni, kegiatan ini  sangat penting karena peran DKM dalam organisasi kemasjidan bisa mewujudkan program pembangunan di bidang keagamaan.

“Saya berharap dengan adanya pembinaan pengurus DKM di Kabupaten Pandeglang mampu menyamakan visi dan misi para pengurus DKM. Harapan yang lainnya adalah pengurus DKM mampu memberikan menu-menu layanan kepada umat, sehingga keberadaan DKM ini masyarakat merasa termakmurkan dan tercerahkan terkait informasi program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” harap Deni.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin mengatakan, peran DKM dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya semata-mata mengajak beribadah saja, akan tetapi harus bisa menyosialisasikan program pembangunan kepada masyarakat luas.

“Masjid memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat, karena masjid bukan hanya tempat ibadah saja, akan tetapi juga berfungsi untuk mempersatukan umat. Bahkan pada zaman Rasulullah masjid difungsikan sebagai tempat untuk mengatur urusan pertahanan dan keamanan. Dengan demikian, masjid mempunyai peran yang sangat penting sebagai benteng moral bagi masyarakat,” tandasnya.

Berita Lainnya

16 Orang Penganut Hakekok Balaksuta Dipulangkan Dalam Suasana Haru

Pandeglang (Humas) – Setelah mendapat pembinaan keagamaan selama kurang lebih 2 pekan dan sudah menyatakan …