free geoip Kemenag Pandeglang Bantu Pondok Pesantren Abi Syifa Cimanggu yang Terbakar | Website Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang
Jumat, 17 September 2021
INFO TERKINI

Kemenag Pandeglang Bantu Pondok Pesantren Abi Syifa Cimanggu yang Terbakar

Pandeglang (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang memberikan bantuan untuk pembangunan kembali asrama Pondok Pesantren Abi Syifa yang mengalami musibah kebakaran. Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Kepala Kemenag Pandeglang H. Endang, di majelis pondok, Selasa (08/06/2021). Penyerahan bantuan disaksikan Penyelenggara Zakat dan Wakaf H. Mumuh Muhaemin dan Kepala KUA Cimanggu Supyan.

Pondok Pesantren Abi Syifa yang berlokasi di Kampung Polos Desa Waringin Kurung Kecamatan Cimanggu, Pandeglang mengalami musibah kebakaran sebelum Ramadhan tahun ini. Peristiwa tersebut menyebabkan 1 asrama santri tidak dapat digunakan lagi karena bagian atapnya habis terbakar. Hingga kini bangunan asrama tersebut belum dibangun kembali karena masih menunggu material dan biaya.

“Kami tidak bisa membantu banyak tapi mudah-mudahan apa yang kami berikan ini bisa digunakan untuk membangun kembali asrama yang kebakaran,” ujar Kepala Kemenag Pandeglang H. Endang sambil menyerahkan uang tunai sebesar Rp. 10 juta. Bantuan tersebut diterima Ustadz Rosyadi, pengasuh Pondok Pesantren Abi Syifa yang juga Sekretaris MUI Kecamatan Cimanggu.

Menurut penjelasan Ustadz Rosyadi, kebakaran terjadi tengah malam menjelang Ramadhan, diduga akibat korsleting listrik di salah satu kamar asrama berbahan kayu dan bilik tersebut. “Untungnya pondok punya sumur bor yang airnya bisa digunakan oleh para santri untuk memadamkan api sehingga api tidak sampai menjalar ke rumah warga,” jelasnya.

Tentang Pondok Pesantren Abi Syifa yang dikelolanya, Ustad Rosyadi menjelaskan, telah dirintis sejak tahun 2010 dan mendapat ijin operasional pada tahun 2016. Selain pondok, di tempat tersebut juga berdiri Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah Al-Ibtida dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Ibtida.