free geoip Sambut Tahun Toleransi, FKUB Kabupaten Pandeglang Gelar Dialog Pemuda Lintas Agama | Website Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang
INFO TERKINI

Sambut Tahun Toleransi, FKUB Kabupaten Pandeglang Gelar Dialog Pemuda Lintas Agama

Pandeglang (Humas) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pandeglang menggelar dialog pemuda dan remaja lintas agama, Sabtu (11/06/2022) di sekretariat FKUB Kabupaten Pandeglang. Kegiatan diikuti oleh 30 pemuda dan remaja Islam, Katolik dan Protestan.

Menurut Ketua FKUB Kabupaten Pandeglang H. E. Sutisna, dialog ini merupakan salah satu program kerja yang dicanangkan FKUB Kabupaten Pandeglang periode 2022-2027. Adapun sumber dana kegiatan berasal dari bantuan operasional yang diberikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang.

Sosialisasi dan dialog dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang H. Tubagus Syihabudin. Dalam sambutannya H. Syihabudin yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang berpesan agar para pemuda dan remaja lintas agama turut menjaga suasana toleransi di Kabupaten Pandeglang. “Tahun 2022 ini telah dicanangkan sebagai tahun toleransi. Saya berpesan agar para pemuda berperan aktif dalam menjaga kondusifitas yang sudah terjaga selama ini,” harapnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang KH. Zamzami Yusuf, Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang H. Kosasih, Heryanto Slamet dari Kejaksaan Negeri Pandeglang dan Bripka Sohib dari Polres Pandeglang. Narasumber lainnya Said Ariyan (akademisi Universitas Mathlaul Anwar), Debat Hasahatan (pemuka Agama Kristen) dan Katherine Hirawan (pemuka Agama Katolik).

Di akhir kegiatan, para pemuda dan remaja lintas agama menandatangani kesepakatan bersama. Yaitu setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta menjaga keutuhan NKRI, menjaga dan merawat serta memelihara kerukunan intern dan antar umat beragama yang dilandasi toleransi, saling menghormati dan menghargai.

Kesepakatan lainnya menjaga norma agama dan sosial yang ada di tengah masyarakat serta menjunjung tinggi supremasi hukum, ikut berpartisipasi mengawasi dan menolak tindakan radikalisme, intoleransi dan terorisme, mencegah setiap bentuk provokasi yang bisa mengakibatkan perpecahan umat dan terancamnya kesatuan bangsa, menolak hoaks, ujaran kebencian dan mengajak masyarakat untuk tidak gampang percaya pada berita-berita yang berpotensi mengancam persatuan bangsa.

Para pemuda lintas agama juga sepakat untuk menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama masing-masing, menjaga suasana damai dan kondusif di Kabupaten Pandeglang dengan tetap mempererat persatuan dan kesatuan dalam semangat tahun toleransi.

Berita Lainnya

30 ASN Kemenag Pandeglang Ikuti Diklat Pengelolaan Website

Pandeglang (Humas Pandeglang) – Sebanyak 30 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama …