Beranda Berita Rakernas Kementerian Agama 2024, Tranformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045

Rakernas Kementerian Agama 2024, Tranformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045

349
0

Humas Kemenag Pandeglang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pandeglang H. Amin Hidayat, M.Ag. didampingi oleh Kasubag Tata Usaha Dr. H. Kosasih, M.Pd., beserta para Kepala Seksi, Kepala KUA, dan Seluruh Kepala Madrasah Kab. Pandeglang Mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 secara daring pada Senin, 05 Februari 2024 yang bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Pandeglang.

Rakernas Kementerian Agama 2024 secara offline berlokasi di Ballroom Gumaya Hotel, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah dengan Tema “Tranformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045” dan dibuka langsung oleh Bapak Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas yang berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 5 – 6 Februari 2024.

Pesan Menteri Agama pada saat pembukaan Rakernas ini meminta jajarannya untuk melibatkan masyarakat luas dalam pelaksanaan program pembangunan di bidang agama. Dan pelaksanaan program 2024 agar tidak hanya melibatkan satuan kerja, kemenag perlu perlibatan stakeholders.

Sebagai Kementerian yang mempunyai tugas dalam pembangunan di bidang agama, Kementerian Agama  berperan strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan. Kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan binaan Kemenag terus meningkat. Pada saat yang sama, kualitas layanan publik di Kemenag juga terus ditingkatkan. Tahun 2023 menjadi momentum penting proses transformasi digital di Kemenag hingga banyak mendapat prestasi dan apresiasi

Tahun ini merupakan tahun terselenggaranya pemilihan umum. Potensi terjadinya gesekan harus diantisipasi agar kerukunan umat tetap terjaga. Kemenag mengemban mandat penguatan moderasi beragama guna terus merawat kerukunan umat. Kerukunan sangat penting, karena menjadi prasyarat kelangsungan pembangunan. Ini salah satu peran strategis Kemenag dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Kerukunan dan persatuan umat harus tetap terjada pasca pemilu demi kelangsungan pembangunan menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sejumlah narasumber dihadirkan, di antaranya Menteri Keuangan dengan menyampaikan materi Kebijakan Fiksal APBN 2024 pada Fungsi Agama dan Fungsi Pendidikan, Menteri PPN/Kepala BAPPENAS dengan materi Sasaran Pembangunan Nasional Dalam Rangka Bidang Keagamaan Menuju Indonesia Emas 2045, Menteri PAN-RB RI membahas Arah Transformasi Pelayanan Publik Menuju Indonesia Emas 2045, perwakilan Sekretariat Negara yang membahas Kolaborasi Fungsi Agama Antar Kementerian/Lembaga, serta Ketua PBNU membahas Kerukunan Umat Beragama Menuju Indonesia Emas 2045.

Artikulli paraprakPELANTIKAN PENGURUS FPMI KABUPATEN PANDEGLANG & WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM KEPENGAWASAN MERDEKA BELAJAR TAHUN 2024
Artikulli tjetërKegiatan PHBI Isra Mi’raj Nabi Muhammad. SAW Bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kab. Pandeglang