Sabtu, 21 September 2024
BerandaBeritaKepala Kantor Menghadiri Kegiatan Sosialisasi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)

Kepala Kantor Menghadiri Kegiatan Sosialisasi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)

Pandeglang (Humas Kemenag) – KKM MAN 2 Pandeglang mengadakan kegiatan Sosialisasi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), yang bertempat di Yayasan Ibadurrohman Cimanuk. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang H. Amin Hidayat menghadiri acara tersebut, kegiatan ini diikuti oleh 95 orang yang terdiri dari perwakilan guru-guru madrasah di lingkungan KKM MAN 2 Pandeglang, Kepala Kantor didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dan Pengawas di Wilayah Kecamatan Cimanuk, Kepala MAN 2 Pandeglang dan para Kepala beserta anggota KKM MAN 2 Pandeglang. Dalam sambutan Ketua KKM MAN 2 Pandeglang dan Kepala Seksi pendidikan Madrasah senada dan seirama mengenai perihal kegiatan IKM ini, “bahwa merupakan sosilisasi serta penguatan kurikulum yang akan di laksanakan di seluruh madrasah, maka dengan hal tersebut pihak penma dan madrasah harus mengantisipasi pemberlakuan Kurikulum Merdeka”.

Sekelumit mengenai Kurikulum Merdeka agar kita bisa memahaminnya dengan baik, “Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik”.

Sementara itu para guru-guru dengan jalur mandiri yaitu mengikuti diklat-diklat online mengenai Kurikulum Merdeka, pemberlkuan kurikulum tersebut mulai tahun pelajaran 2023-2024. Kepala kantor H. Amin Hidayat, dalam sambutannya mengatakan “kurikulum ini merupakan amanat undang-undang dan peraturan pemerintah, sehingga kementerian Agama berkewajiban mengawal, mensosialisasikan, menguatkan, mengembangkan, serta mengevaluasi kurikulum merdeka tersebut di lingkungan madrasah. Seluruh madrasah nantinya dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka. Sehingga madrasah dapat berdaya saing dengan sekolah untuk menguatkan kualitas dan kuantitas madrasah agar lebih baik dan maju dalam suatu sistem pendidikannya. Rabu, 14 Agustus 2022.

RELATED ARTICLES

TERPOPULER