Jumat, 20 September 2024
BerandaBeritaKepala Kantor Wilayah Provinsi Banten Memberikan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun 2022...

Kepala Kantor Wilayah Provinsi Banten Memberikan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun 2022 di Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang

Pandeglang (Humas Kemenag) – Angkatan ke-3 pada hari ke-2 kegiatan “Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun 2022” di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang tahun 2022. Alhamdulillah dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Dr. H. Nanang Faturachman, M.Pd.I., dan turut mendampingi yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang, Kepala Sub Bagian Tata Usaha juga Kepala Seksi PD PONTREN, Kepala Seksi PHUT, Kepala Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf serta Kepala Seksi Pendidikan Madrasah. Bapak Dr. H. Nanang Faturchman, M.Pd.I memberikan materi penyuluhan manasik haji sepanjang tahun 2022, dalam pemberian materinya beliau memberikan motivasi kepada para peserta penyuluhan manasik haji untuk selalu berdoa agar segera dipanggil oleh Allah SWT. menunaikan ibadah haji, serta berpesan kepada seluruh pegawai untuk melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing secara maksimal wabil khusus pelayanan ibadah haji di Kemenag Kab. Pandeglang. Kebijakan Menteri Agama agar mengamankan kebijakan aturan manasik haji sepanjang tahun 2022, karena ini adalah amanah menteri yang harus direalisasikan. Beliau juga sangat bangga kepada penyelenggaraan penyuluhan manasik haji di Kabupaten Pandeglang yang telah mempersiapkan sedemikan hingga, agar kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Saat ini tidak ada yang bisa bermain lagi dengan masalah pemberangkatan haji, dikarenakan ini sudah masuk dalam sistem yang namanya SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu). Kementerian Agama berkomitmen kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan penuh kepada masyarakat wabil khusus kepada tamu – tamu Allah SWT. dalam proses pemberangkatan ke Tanah Suci Makkatul Mukarramah.

Beliau juga mendengarkan kepuasan dari jamaah haji tahun ini sepulang dari tanah suci atas segala sesuatunya yang telah dikemas dengan baik dengan pelayanan yang prima. Kakanwil pula menjelaskan dan memaparakan mengenai biaya yang telah masuk dan dibayarkan oleh para calaon jamaah haji, biaya haji yang telah dibayarkan oleh seluruh jamaah haji itu masuk ke dalam badan pengelolaan keuangan haji (BPKH). Biaya yang dibebankan itu sebesar 34 juta rupiah, namun yang harus dibayarkan untuk pemberangkatan ternyata lebih dari itu. Pemerintah hadir untuk memberikan pelayanannya kepada para jamaah, yang pada dasarnya semua pembiayaan yang harus dibayarkan sekitar 80jtan kurang lebih dan pemerintah menganggarkan ini dari anggaran negara yang pada akhirnya ini sangat membantu jamaah haji. Yang menentukan umur/usia untuk berangkatnya jamaah haji itu ditentukan oleh Kerajaan Arab Saudi jatuh pada usia 65th. Persoalan kuota untuk Provinsi Banten yaitu 27 tahun itu jikalau kuotanya 100%. Yang terpenting beliau garis bawahi yakni, semua jamaah haji yang sudah daftar jangan merasa khawatir, karena Menteri Agama sudah berangkat ke Kerajaan Arab Saudi melakukan hubungan kerjasama, melobi dengan penuh. Dan kerajaan Arab Saudi mengirimkan menterinya pula ke Indonesia untuk berbicara secara Government to Government, namun “beliau sampaikan belum tahu betul berapa persen kuota haji ditahun depan nanti, beliau berharap akan ada tambahan lagi kuota jamaah haji di Indonesia. Kementerian agama memberikan pelayanan yang terbaik di Makkah sesuai dengan tupoksinya masing – masing seperti dinas kesehatan dan dinas yang lainnya” yang bekerja keras memberikan pelayanan yang maksimal kepada para jamaah yang berada di Tanah Suci, sehingga para jamaah merasa nyaman dan aman.

“Membangun gampang tapi mempertahankan itu sendirilah yang teramat sulit”, ucap beliau. Karenanya itu harus dijaga dan lebih ditingkatkan lagi dalam segi pelayanan jamaah haji terkhusus di Kabupaten Pandeglang umumnya untuk kabupaten/kota lainnya. Kementerian agama RI sedang membangun asrama haji di kota Tangerang. Karena Menteri Agama ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk tamu – tamu Allah SWT. yang telah ditunjuk dan dipilih serta dipanggil oleh Allah SWT. untuk berangkat ke Tanah Suci. Rabu, 2 November 2022.

RELATED ARTICLES

TERPOPULER