Jumat, 20 September 2024
BerandaBeritaGrand Opening KSM 2024 Tingkat Provinsi Banten 2024

Grand Opening KSM 2024 Tingkat Provinsi Banten 2024

Humas Kemenag Pandeglang – Kamis (01/08/2024) Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 secara resmi dibuka di GSG Puspem Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Dalam pembukaan acara tersebut dihadiri oleh Plt. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Abu Rokhmad, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto, KaKanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman, Pj. Bupati Tangerang, Andi Ony, Para Kepala OPD Kabupaten Tangerang, Kabid Penmad, Humaidi Hakim, Kepala Kantor Kemenag se-Provinsi Banten, para Kasi Penmad, dan tamu undangan.

Kehadiran Plt. Dirjen Pendis Kementerian Agama Islam dan KaKanwil Kemenag Provinsi Banten disambut dengan tarian penyambutan. Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh penampilan seni tari dari siswa-siswi madrasah.

Dalam sambutannya Abu Rokhmad mengatakan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang dilaksankan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghairah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah.

Menurutnya, sejak awal digelar pada tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2024, KSM berupaya mengelaborasi sains, budaya, dan teknologi dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam.

“Momentum KSM ini memberikan kesan yang kuat bahwa kualitas dan mutu madrasah sekarang sudah luar biasa, orangtua menjadikan madrasah sebagai destinasi utama untuk pendidikan anak-anaknya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan KSM tidak hanya sebagai ajang pencarian bibit siswa berprestasi, namun juga melatih siswa untuk memiliki jiwa kompetisi, kejujuran, dan sportivitas.

“Saya berharap seluruh peserta dan pengawas menjaga integritas dan sportivitas dalam berkompetisi. Saya yakin tahun ini siswa-siswi Madrasah Provinsi Banten mempertahankan juara umum sebagaimana tahun 2023,” tegasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman, dalam sambutannya mengatakan proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru- guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kualifikasinya.

“Guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah perlu dikembangkan atau dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini, maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya,” ujarnya.

Pj. Bupati Tangerang, Andi Ony, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya KSM Tingkat Provinsi Banten Tahun 2024 di Kabupaten Tangerang. Pihaknya hadir mendukung pendidikan anak sebagai penerus bangsa.

“Pada kesempatan ini kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan KSM ini dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi juga memiliki karakter yang kuat, berintegritas tinggi, dan mampu bersaing,” ujarnya.

KSM Provinsi Banten tahun 2024 ini diikuti oleh 227 peserta total individu dan beregu, 188 peserta individu 39 peserta beregu. Masing-masing kontingen mengirimkan peserta sebanyak 33 orang yang meliputi jenjang SMA/MA (Madrasah Aliyah), SMP/MTS (Madrasah Tsanawiyah), MI/SD (Madrasah Ibtidaiyah).

Para juara pada KSM tingkat provinsi Banten ini akan dikirim ke tingkat Nasional yang menurut rencana akan digelar pada 3-8 September 2024 di Ternate, Provinsi Maluku Utara.

RELATED ARTICLES

TERPOPULER